Menganalisa Iklan Dari Jagad Internet

3 Langkah Sederhana Promosi Produk Milikmu Melalui Fanpage

Jika kamu baru saja memulai atau bahkan ingin berbisnis, pasti ingin sekali memulainya melalui sosial media. Pilihannya cuma 2 biasanya. Sosial media atau marketplace. Nah, saya akan membahas satu dulu melalui facebook. Jadi promosi produk milikmu nanti bisa lebih oke, dari pada bingung-bingung kita mulai saja langsung.

Sebelumnya, saya anggap kamu sudah punya fanpage. Atau sudah tahu bahwa fanpagemu itu khusus kamu buat memang untuk jualan. Berbeda dengan fanpage yang sering kita ikuti seperti fanpage publik, isinya postingan lucu, isinya nasihat bijak, walau memang nanti kita juga bisa mengisi fanpage itu dengan hal seperti itu, tapi sebelumnya jangan dulu. Kita tetap harus promosi produk ya.

Invite Friends, Jangan Gengsi Ah!

Berapa banyak dari kita yang gengsi? Jujur hayo. Saya juga kok, hehe, begini, fanpagemu belum dilike sama sekali. Baru 0, 1 pun paling kamu sendiri. Ya kan? Nah, satu-satunya cara, ajak temanmu untuk ikut juga melike fanpagemu. Tapi sebelumnya, lengkapi dulu data-data fanpagemu.

promosi melalui fanpage

Seperti fanpage copykeren.com yang harus dilengkapi. Punyamu juga seperti itu. Maksimalkan yang bisa kamu lengkapi. Seperti foto profilnya, covernya, sampai pilihan seperti shop, event (ini tidak harus kalau awal), video, foto, dan lainnya. Lengkapi dulu walau tidak sampai 100%. Tujuannya apa? Agar saat kamu menginvite temanmu, mereka tahu, “ini fanpage apa sih? kok pake nginvite aku segala”. Jelas kan? Cara invite teman gimana? Berikut fotonya,

promosi melalui fanpage

Di halaman depan dari fanpage, pada bagian kanan sidebar, ada nama teman-teman kita yang bisa kita invite. Lakukan saja, klik invite sampai semua temanmu terinvite. “Kalau ada 4000 teman gimana?” ya manual. Namanya juga cara sederhana, mudah dan murah. Oke? Walau mereka tidak langsung like fanpage kamu, tapi mereka akan tahu bahwa kamu telah memiliki fanpage jualan.

Jangan Lupa Ceritakan Tentang Fanpage Milikmu Melalui Status

Banyak orang masih gengsi juga nih, sudah invite, isinya fanpage jualan melulu. Sampai orang merasa bosan karena yang kita lakukan sekedar jualan. Tidak ada interaksi, tidak ada hal menarik selain jualan. Kalau ingin fanpagemu bersih dari curhatan, status konyol, atau postingan diluar dari produk, maka kenalkan fanpagemu melalui status. Saya cari untuk studi kasus ya, silahkan dilihat foto dibawah ini:

promosi melalui fanpage

Bisa lihat? Promosi produk jilbab, fashion muslim dari teman saya itu menggunakan akun pribadinya. Tidak merasa canggung untuk mengenalkannya pada teman-temannya. Agar teman-teman kita juga tahu fanpage jualan kita itu benar-benar punya kita. Karena akhir-akhir ini banyak sekali loh orang merasa mereka terlalu ditarget, menganggap invite ke fanpage itu kerjaan iseng seorang hacker. Untuk itu, kita kenalkan lagi produk kita ke teman-teman. Nantinya mereka akan yakin dan jika mereka memang tertarik dengan fanpage atau produk kita, mereka pasti like dan pesan. Jadi posting di status, tapi arahkan ke fanpage kita. Baru di fanpage jualannya, jangan di akun pribadi.

Join Grup Jualan Jangan Lupa Ya

Kamu boleh kok buat akun baru, dengan namamu, tapi ditambahkan pada nama belakangnya. Semisal, namanya, “aku anak sholeh”, buat akun lagi dengan email yang berbeda, namun tetap dengan data diri milikmu menjadi, “aku anak sholeh 2” atau “aku anak sholeh new”. Memang terkesan alay, tapi mencegah akun pribadimu yang asli jadi kepenuhan grup dan notifikasi nantinya. Kemudian, masuklah ke grup bisnis.

promosi melalui fanpage

Loh, kan itu promosi melalui grup? Sebentar, intinya sama dengan posting di akun pribadi. Hanya saja, kita promosikan fanpage kita melalui grup. Coba join grup bisnis apa pun yang tidak memiliki syarat khusus. Semisal syaratnya rumit, cancel saja joinnya. Cari grup bisnis yang lain. Bisa bisnis online atau bisnis pribadi. Apa saja yang penting dicoba dulu masuk sebanyak mungkin. Setelah itu baru kamu bisa posting untuk mempromosikan fanpagemu. Kalau tidak ketemu bagaimana? Cari dengan beragam kata kunci sederhana semisal, “gratis”, “bisnis”, “jualan”, “bursa” dan lainnya. Gabungkan dua kata juga bisa, “promosi produk”, “online shop” dan lainnya. Kalau tidak dibolehkan join di grup? Masih banyak grup kok yang bisa dicari. Semisal masuk grup jual beli barang bekas, walaupun produkmu barang baru.

promosi melalui fanpage

Mudah bukan? Hasilnya maksimal tidak? Tentu tidak. Melelahkan bahkan. Tapi murah meriah. Butuh modal internet saja. Kamu harus rajin melakukan ini. Kesimpulannya,

  1. Invite friends ke fanpage jualanmu
  2. Posting tentang fanpage jualanmu lewat akun pribadi (bukan produk ya, arahkan ke fanpagemu)
  3. Promosi di grup tentang fanpagemu (bukan produk ya, arahkan ke link fanpagemu)

Jika ada yang mau didiskusikan, silahkan ya.

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *